Sabtu, 19 November 2016

Jornal

BY Unknown No comments

Nama: Arif
RANGKUMAN JURNALISTIK ONLINE
Pengertian Jurnalistik Online
      Jurnalistik Online (Online Journalism) adalah proses pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan penyebarluasan berita secara online di internet.
      Jurnalistik Online adalah jurnalisme “generasi ketiga” setelah jurnalistik cetak (Print journalism) suratkabar, tabloid, majalah dan jurnalistik elektronik (Electronic journalism, broadcast journalism) jurnalistik radio dan televisi.
      Jurnalistik Online adalah "Jurnalistik masa depan" (future journalism) yang terus berkembang seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Jurnalistik Online bakan sudah “beranak” dengan melahirkan “cabang” berupa:
Jurnalisme blog (Blog journalism)
Jurnalistik mobil (Mobile journalism)
Jurnalisme twitter (Twitter journalism)
      Jurnalistik Online juga menumbuhkembangkan konsep “Jurnalisme Warga” (Citizen Journalism) yang diperkokoh dengan perkembangan media sosial (social media) seperti Facebook, Twitter, dan Youtube.
Istilah Jurnalistik Online
      Jurnalistik Online bukan satu-satunya istilah yang merujuk pada proses jurnalistik secara online di internet. Berikut ini istilah lain jurnalistik online:
Jurnalistik Internet (Internet Journalism)
Jurnalistik Website (Web Journalism)
Jurnalistik Digital (Digital Journalism )
Jurnalistik Siber (Cyber Journalism)
Jurnalistik Judul (Headline Journalism)





Definisi Jurnalistik Online
Jurnalistik Online adalah tipe jurnalistik yang dipraktikkan melalui media internet.
Pengumpulan fakta, cerita, dan laporan yang diproduksi dan didistibusikan melaluiinternet.
Jurnalistik Online adalah proses pengumpulan, penulisan, penyuntingan, dan penyebarluasan berita secara online di internet.
Karakteristik Jurnalistik Online
      Karakteristik Jurnalistik Online saya bagi menjadin dua bagian, yakni bagian pertama berupa "karakteristik primer" dan bagian kedua berupa "karakteristik sekunder" yang menjadi keunggulan jurnalistik online dibandingkan jurnalistik konvensional (Cetak atau Elektronik).
Unlimited Space, Jurnalistik Online memungkinkan halaman (page) tak terbatas. Ruang bukan masalah. Artikel dan berita bisa sepanjang dan selengkap mungkin, tanpa batas.
Audience Control, Jurnalistik Online memungkinkan audiens (Reader, User, Uisitor) lebih leluasa memilih berita/informasi.
Nonlienarity, Dalam Jurnalistik Online tiap berita berdiri sendiri sehingga audiens tidak harus membaca secara berurutan.
Storage and retrieval, Jurnalistik Online memungkinkan berita "abadi", tersimpan (terarsipkan) dan bisa diakses kembali dengan mudah kapan dan di mana saja.
Immediacy, Jurnalistik Online menjadikan informasi bisa disampaikan secara sangat cepat dan langsung.
Multimedia Capability, Jurnalistik Online memungkinkan sajian berita berupa teks, suara, gambar, video, dan komponen lainnya sekaligus.
Interactivity, Jurnalistik Online memungkinkan interaksi langsung antara redaksi (wartawan) dengan audiens, seperti melalui kolom komentar dan social media sharing.

Karakteristik Jurnalistik Online (2)
Produksi berita online lebih mudah dan murah ketimbang produksi berita cetak dan elektronik.
Jurnalistik Online memungkinkan semua orang menjadi wartawan atau memproduksi dan menyebarluaskan informasi (everybody can be journalist).
Jurnalistik Online tidak mengenal deadline. Berita dapat dipublikasikan (posting) dan diedit kapan dan di mana saja.
Berita Jurnalistik Online tersebar dengan cepat. Internet saat ini merupakan cara tercepat penyebaran berita (the fastest way to report news).
Sirkulasi media atau berita online bisa menjangkau seluruh dunia, tidak seperti di media cetak dan elektronik (Radio atau TV) yang terbatas.
Dalam jurnalistik online, banyak elemen yang bisa ditambahkan untuk melengkapi sebuah berita (news story), seperti video, kotak komentar, gambar bergerak (moving image), hyperlink, berita terkait (related news), dan sebagainya.
Kesalahan dalam berita atau artikel dapat dengan mudah dikoreksi dan di-update.
Online journalism does not create a lot of job, Jurnalistik Online tidak membutuhkan banyak orang (karyawan), bahkan bisa dilakukan oleh satu orang saja.
      Karakteristik jurnalistik online di atas kian menegaskan tipe jurnalistik berbasis intenet dan multimedia ini sebagai jurnalistik masa depan. Bisa juga dikatakan, masa depan jurnalistik ada di internet.

0 komentar:

Posting Komentar