Selasa, 29 November 2016

Jenis-jenis med.sos

BY Unknown No comments

8 Jenis Sosial Media dan Perkembangannya
 JUNE 10, 2016  HARDY  COMMENT
Sosial Media(sosmed) adalah sebuah media online, dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi dan saling berbagi informasi. Saat ini tidak ada satupun sosial media yang sama sekali tidak terhubung satu sama lain. Dan semakin banyak sosial media besar yang menawarkan fitur lebih dari sekedar komunikasi kepada pengguna.
Penggunaan istilah Sosial Media pada media cetak pertama kali dipercaya dimulai pada tahun 1997. Saat itu seorang eksekutif di AOL bernama Ted Leonsis memberikan komentar bahwa organisasi tersebut perlu menyediakan konsumen “sosial media”. “Sebuah tempat dimana mereka bisa dihibur, berkomunikasi, dan berpartisipasi dalam lingkungan sosial.
Pada tahun yang sama situs jejaring sosial publik yang pertama, SixDegrees.com diluncurkan ke publik. Situs ini memperbolehkan pengguna untuk membuat halaman profil online dan daftar pertemanan. Kemudian pada dekade berikutnya, beberapa sosial media populer lain mulai bermunculan. Situs blogging seperti LiveJournal dan Blogger muncul tahun 1999, Wikipedia tahun 2001, social bookmarking Delicious dan jejaring sosial MySpace tahun 2003 kemudian disusul Facebook tahun 2004.
Hingga saat ini sosial media terus berkembang, bahkan semakin pesat dengan berbagai fitur dan kemampuan yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.
Untuk membantu Anda membedakan berbagai macam jenis-jenis sosial media, berikut beberapa contoh sosial media berdasarkan fitur dan kegunaannya:
1. Relationship Networks
2. Media Sharing Networks
3. Online Reviews
4. Forum Diskusi
5. Social Publishing Platforms
6. Bookmarking Sites
7. Interest-based networks
8. E-commerce
1. Relationship Networks
Sosial media yang dipahami oleh masyarakat umum adalah website yang digunakan untuk bekomunikasi dan bersosialisasi. Beberapa sosial media yang masuk dalam kategori Relationship Networks adalah Facebook, LinkedIn ,
Google Plus dan sebagainya. Relationship Networks adalah salah satu fase awal sosial media yang diluncurkan ke publik.
Biasanya dengan fitur halaman profil, yang berisi foto, biodata dan informasi tambahan lain mengenai pengguna. Tidak jarang pengguna dianjurkan untuk mendaftar dengan nama asli, tapi sebagian besar sosial media bisa digunakan secara gratis.
Relationship Networks memudahkan pengguna untuk berkomunikasi melalui satu tempat, yaitu pada dinding(Walls), Timelines atau Private Messages(PM). Ditambah fitur berbagi(sharing) informasi kepada seluruh jaringan hanya dengan satu klik.
Jenis Relationship Networks pun bermacam-macam, mulai dari yang profesional untuk mencari pekerjaan, terhubung dengan sesama profesional dan berbagi rekomendasi perusahaan. Ada pula Relationship Networks yang berfungsi sebagai biro jodoh untuk mencari pasangan yang berlokasi disekitar pengguna.
Relationship network juga menawarkan cara yang menarik bagi brand atau bisnis untuk terhubung dengan pengguna(konsumen) secara pribadi. Jaman sekarang bagi sebuah brand sangatlah penting untuk memiliki Facebook Page,
Instagram atau akun Twitter . Akun sosial media seperti ini bisa dimanfaatkan untuk terhubung dengan konsumen via online seperti menjawab keluhan dan pertanyaan.
2. Media Sharing Networks
Sosial Media ini ditentukan oleh jenis media yang dibagikan antara penggunanya. Facebook dan Twitter memiliki kemampuan berbagi video dan gambar yang sangat bagus. Tapi, mayoritas content(postingan) yang dibagikan oleh pengguna pada sosial media ini mengandung teks.
Berbeda dengan channel sosial media lain seperti Flickr atau Instagram, content visual merupakan fokus utama mereka. Pengguna memang diberikan fitur untuk mengunggah dan mengedit gambar sebelum menambahkan caption atau mention/tag pengguna lain.
Begitu juga dengan channel sosial media seperti YouTube dan Vimeo serta aplikasi seperti Vine dan Snapchat yang menggunakan video sebagai content utamanya.
Ketika ingin menentukan apakah bisnis Anda membutuhkan sosial media, sangat penting untuk memikirkan apakah ada sumber daya yang tersedia untuk dibagikan. Tentukan tujuan utama Anda dalam menggunakan sosial media. Dibutuhkan waktu dan tenaga (dan mungkin sumber daya uang) untuk mengelola media sosial. Jika Anda ingin berkonsultasi, kami dari Progresstech siap membantu Anda.
3. Online Reviews
Sosial media untuk Online Reviews berbasis lokasi seperti OpenRice, TripAdvisor & Zomato memiliki daya tarik tersendiri sebagai sosial media yang mengadopsi teknologi Geolocation.
Geolocation(geolokasi) adalah sebuah sistem identifikasi lokasi geografis untuk menemukan lokasi suatu objek seperti smartphone atau komputer yang terhubung ke internet. Teknologi inilah yang kini secara tidak langsung membuat sosial media menjadi semakin berkembang.
Ditambah semakin banyak pengguna yang lebih memilih untuk mencari rekomendasi baik dari internet maupun rekomendasi teman untuk tempat makan.
Kini situs Online Reviews sudah sangat bervariasi jenisnya mulai dari hotel, restoran atau bahkan perusahaan. Kini Online Reviews memiliki andil yang cukup besar dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen, dibanding sebelumnya. Situs penyedia jasa besar seperti Airbnb dan Uber, sangat bergantung pada review dari konsumen. Hal ini sangat penting bagi konsumen yang ingin mengetahui kualitas dari layanan yang ditawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar