Senin, 09 Januari 2017

RADIO.KU STAIDRA BERLIAN

BY Unknown No comments



Nama: Arif
BISNIS PLAN RADIO STAIDRA FM
A. Latar Belakang 
Radio adalah salah satu media massa yang memiliki usia yang tua. Media radio memiliki kekuatan yang besar, hal ini karena radio memiliki sifat-sifat yang berbeda dengan media massa lain.  Pertama,  radio bersifat langsung, sehingga untuk mencapai pendengar tidak memerlukan tekhnik penyampaian yang berbelit. Kedua, tidak mengenal jarak dan waktu. Sehingga seberapa jauh pendengar masih dapat terjangkau sesuai dengan batas penyiaran yang diizinkan oleh pemerintah, dan radio dapat didengarkan kapanpun. Ketiga, radio memiliki daya tarik dan imajinasi yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh sifat siaran yang serba hidup. Suasana hidup ini diciptakan oleh musik, komentar dari penyiar, serta efek-efek suara yang digunakan. Sama seperti organisasi media massa lainnya, radio juga memiliki manajemen media yang bertugas dan bertanggung jawab atas suksesnya sebuah radio swasta. Manajemen sendiri memiliki arti suatu proses untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen media disini memiliki fungsi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Setiap media massa memiliki strategi sebagai upaya untuk mencapai target perusahaan. Strategi sendiri adalah suatu peranan aktif dan rasional untuk pencapaian tujuan-tujuan organisasi.
Selain iklan, dan progam yang dihadirkan, keberhasilan dan keberadaan radio dianggap berhasil dari kualitas penyiarnya. Hal ini juga mampu mendongkrak jumlah pendengar jika pendengar mulai suka dengan tekhnik penyiaran dan penyampaian pesan oleh penyiar yang santai dan terasa dekat oleh pendengar. 
Seorang penyiar, harus mempunyai pengetahuan tekhnis dan karakteristik radio. Penyiar minimal harus memiliki suara yang bagus, bisa mengoperasikan peralatan yang digunakan selama siaran, serta harus memiliki kemampuan menulis, khususnya bahan yang akan digunakan selama mengudara.  
A. Rumusan Masalah 
Berdasarkan uraian dari latar belakang diatas, dapat ditarik sebuah rumusan masalah penelitian : Bagaimana Strategi Komunikasi Radio STAIDRA FM Dalam Meningkatkan Kualitas Penyiar Untuk Menjaga Eksistensi Radio? 


B. Tujuan Penelitian 
Dari rumusan masalah yang sudah dijelaskan diatas, maka dapat ditarik sebuah tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh radio STAIDRA FM sebagai upayanya untuk menjaga eksistensi radio ditengah maraknya persaingan bisnis media massa saat ini, dengan melakukan peningkatkan kinerja kualitas penyiar yang ada di Radio STAIDRA FM. 
C. Manfaat Penelitian 
1. Manfaat Teoritis
Dari penelitian ini pembaca dapat mengetahui salah satu jenis penelitian kualitatif dalam bidang komunikasi, khususnya broadcasting  atau penyiaran. Sehingga pembaca mendapat gambaran tentang salah satu jurusan dalam perkuliahan Ilmu Komunikasi dibidang penyiaran. Penelitian ini  diharapkan juga bisa bermanfaat sebagai salah satu referensi dalam pembuatan laporan penelitian pembaca. Serta memberikan kontribusi dalam bidang akademis, khususnya lagi dalam dunia penyiaran atau broadcasting radio.
2. Manfaat Praktis 
a. Bagi Manajemen STAIDRA FM
Diharapkan hasil penelitian ini mampu menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan atau keputusan sebagai upaya untuk perbaikan serta meningkatkan rating radio STAIDRA FM. 
b. Bagi Mahasiswa
Diharapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk penulisan penelitian baik skripsi atau karya ilmiah lainnya khususnya di bidang broadcasting atau penyiaran radio. 
c. Bagi Penulis
Meningkatkan kemampuan dan pemahaman penulis mengenai teknik siaran serta pengetahuan tentang manajemen media massa yang ada di radio. 





D. Tinjauan Pustaka 
1. Komunikasi Organisasi
Teori ini menggambarkan tentang penunjukan dan penafsiran pesan dari unit-unit komunikasi yang merupakan bagian dari sebuah organisasi tertentu. Komunikasi organisasi dapat terjadi kapanpun, minimal satu orang yang menduduki suatu jabatan pada suatu instansi atau organisasi.
Komunikasi ini menekankan tentang kegiatan-kegiatan penanganan pesan yang terkandung dalam sebuah batas organisasi. Komunikasi organisasi mampu menciptakan iklim usaha sebuah instansi yang merefleksikan suasana kerja organisasi atau sejumlah perasaan dan sikap orang yang bekerja dalam organisasi tersebut. Seorang yang memiliki jabatan dalam sebuah organisasi harus mampu memimpin dan mengatur perusahaan yang dibangunnya agar tetap mampu bertahan dari persaingan-persaingan yang ada. Hubungan antara orang-orang yang berada pada iklim organisasi akan menentukan makna dari kata-kata yang bersangkutan. Ada lima aspek yang dapat menjelaskan ruang lingkup organisasi:
a. Organisasi diciptakan melalui komunikasi
b. Kegiatan organisasi memiliki fungsi untuk mencapai tujuan individu dan tujuan bersama
c. Kegiatan komunikasi dalam organisasi membentuk pola yang mempengaruhi kehidupan dalam organisasi
d. Proses komunikasi menciptakan karakter dan budaya organisasi
e. Pola kekuasaan dan pengawasan dalam komunikasi organisasi menghilangkan dan menciptakan hambatan. 
2. Strategi Komunikasi
Strategi komunikasi sendiri adalah perencanaan dari sebuah manajemen organisasi untuk mencapai tujuan yang  telah diharapkan. Strategi komunikasi adalah penggabungan dari rencana komunikasi dan manajemen komunikasi untuk mencapai tujuan. Dalam menyusun strategi komunikasi juga harus mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat. Berikut faktor pendukung dan penghambat:
a. Sasaran komunikasi
b. Situasi dan kondisi
c. Pemilihan media komunikasi
d. Pengkajian tujuan pesan komunikasi
e. Peranan komunikator dalam komunikasi
f. Daya tarik sumber
g. Kredibilitas sumber
Sementara, secara umum strategi komunikasi dilakukan dengan 10 tahapan yang bertujuan agar tercapainya visi dan misi dari sebuah tujuan organisasi: 
1) Menganalisa Progam atau sebuah masalah
2) Menganalisa situasi dan kondisi yang ada 
3) Analisis khalayak
4) Tujuan komunikasi
5) Strategi komunikasi yang dilakukan
6) Merencanakan kegiatan melalui pengembangan media
7) Produksi dan uji coba media yang diterapkan
8) Penggunaan media
9) Media monitoring dan sistem pengelolaan informasi
10) Evaluasi dan menganalisa masalah
      Dari tahapan-tahapan diatas, diharapkan sebuah perusahaan memiliki cara dalam menghadapi persaingan di dunia usaha, khususnya di dunia penyiaran swasta yang memiliki tujuan meraup keuntungan dari klien yang mempercayakan iklan usahanya di perusahaan tersebut agar produknya dapat dikenal. 
3. Analisis SWOT
Salah satu metode yang digunakan  untuk menganalisa strategi adalah Analisa SWOT. Analisa ini adalah suatu metode perencanaan strategis yang berfungsi untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pada suatu instansi. Dalam proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari 13 pandangan kegiatan perusahaan tersebut  dan identifikasi faktor yang ada. Baik faktor internal ataupun eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.
4. Manajemen Media Penyiaran
Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah diterapkan. Namun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan  teori Manajemen the process of planning, organizing, influencing and controlling to accomplish organizational goals through the coordinated use of human and material resources. Yaitu sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, memengaruhi dan pengawasan yang bertujuan agar dapat tercapainya sebuah tujuan organisasi melalui koordinasi penggunaan sumber daya manusia yang ada dan materi. 
      Tingkatan manajemen sendiri ada tiga yaitu: Manajer tingkat bawah (lower level manager), manajer tingkat menengah (middle manager), manajer puncak (top manager). Menurut Peter Pringle, manajer umum memiliki tanggung jawab pada setiap aspek operasional perusahaan atau stasiun penyiaran. Dalam pelaksanaannya, manajer umum harus melakukan empat fungsi manajemer, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pengarahan serta memberikan pengaruh, dan pengawasan. Dalam organisasi media massa juga terdapat 14 manajemen media yang berfungsi untuk mengendalikan jalannya pekerjaan disebuah organisasi media. 
      Masalah yang ada pada suatu badan penyiaran pada umumnya terdiri dari tiga hal, yaitu bidang administrasi, progam, dan tekhnik, yang semuanya dipimpin oleh satu direktur utama. Direktur utama akan mengoordinasi tiga bidang organisasi tersebut. Dalam teori manajemen, pembagian wewenang oleh satu pimpinan pada jajaran dibawahnya mempunyai jumlah terbatas. 
Manajemen di sebuah media penyiaran juga harus memperhatikan struktur organisasi sebagai antisipasi jika suatu  saat terjadi promosi, demosi, mutasi, hingga pengunduran diri karyawannya. Setiap karyawan harus diperhitungkan sebagai penerus pemimpin perusahaan. Hal ini menjadi sesuatu yang perlu dilakukan karena setiap orang yang bekerja memiliki target dalam karir mereka dengan memperoleh jabatan yang lebih tinggi. 
      Dalam sebuah perusahaan penyiaran, pimpinan tertinggi disebut dengan Station Manager. Pimpinan perusahaan memiliki tanggung jawab penuh terhadap seluruh bagian stasiun penyiaran. Tetapi ia juga memiliki dua tanggung jawab utama, yaitu menetapkan target pemasaran, dan mengendalikan pengeluaran perusahaan. 
Berikut contoh susunan manajemen media di organisasi penyiaran kecil:  
      Permasalahan pemekaran organisasi sangat bergantung pada kebijakan manajemen penyelenggaraan, penyiaran, yaitu apakah yang diperlukan adalah sebuah instansi yang ramping tetapi memiliki banyak fungsi, atau yang gemuk tetapi dengan beban tugas yang lebih sedikit.  
Setiap bagian pada susunan manajemen penyiaran memiliki tugasnya masing-masing yang mendukung jalannya proses penyiaran, mulai dari peralatan yang digunakan, materi yang akan disiarkan, hingga proses penyampaian pesan ke audience. Dalam lembaga penyiaran di Indonesia, visi dan misi perusahaan telah diatur dalam UU No.32/2002 tentang penyiaran. 
5. Keterampilan Penyiar
Penyiar radio adalah orang yang bisa mengkomunikasikan gagasan, konsep dan  ide sekaligus membawakan dan menyiarkan suatu progam di radio. Penyiar radio memiliki tanggung jawab pada acara yang dibawakan, sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan lancar.
Seorang penyiar harus memiliki kemampuan dalam menyampaikan informasinya. Menurut ahli radio siaran, keahlian dalam penyiaran radio meliputi: Komunikasi  gagasan, Komunikasi kepribadian, Proyeksi kepribadian, Pengucapan, dan Kontrol suara. Dalam proyeksi kepribadian mencakup: keaslian, kelincahan, keramah-tamahan, dan kesanggupan dalam menyesuaikan diri. Sementara dalam kontrol suara juga mencakup: pola titi-nada, kerasnya suara, tempo, dan kadar suara. 
      Untuk memuaskan para pendengar, seorang penyiar harus memiliki kemampuan dan bisa berperan dalam banyak hal. Penyiar dapat mewakili citra dari stasiun radio. Selain siaran, seorang penyiar memiliki tugas dan tanggung jawab lainnya sesuai dengan kemampuan mereka jika diperlukan. Selain suara bagus, penyiar juga harus bisa mengoperasikan peralatan siaran. Serta bisa menyiapkan dan menulis bahan siarannya sendiri. 
      Seorang penyiar harus memiliki kemampuan untuk mendukung siaran, baik itu teknis dan teoritis. Antara lain: suara, pengucapan, artikulasi, penekanan, warna kata, kecepatan atau tempo, infleksi atau perubahan nada suara, perilaku, gaya, pemahaman, penghafalan, dan sinkronisasi. 
Bahasa yang digunakan dalam radio banyak dikenal orang sebagai bahasa radio. Namun sebenarnya adalah bahasa yang digunakan dalam radio adalah bahasa baku. Meskipun bahasa baku, tetapi yang digunakan bukanlah bahasa yang kaku. Bahasa tutur adalah bahasa yang oral yang dalam mengaplikasikannya memiliki sifat yang singkat, lokal, padat, lugas dan menarik.
Dalam melatih pernafasan selama siaran ada beberapa cara yang dapat digunakan, salah satunya adalah Humming Exercise, tekhnik ini dilakukan selama tiga menit, dengan mengeluarkan suara dengan nada naik dan turun. Seperti nada suara do re mi fa so la si do – do si la so fa mi re do. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan suara. Selain kemampuan dalam mengolah kata dan nada siaran, seorang penyiar juga harus memiliki keterampilan penyiar yang lain, yaitu: 
a. Menyediakan waktu sebelum siaran
Sebelum memulai siarannya, seorang penyiar perlu cukup waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu. Minimal 15 menit sebelum mengudara, penyiar harus sudah berada di kabin siaran. Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahan baca, naskah, ucap dan lainnya akibat dari terburu-buru.
b. Mempelajari acara siaran
Acara yang akan dibawakan selama mengudara harus dipelajari dengan benar-benar. Apakah ada hari spesial apda hari itu, atau ada acara yang harus dibawakan yang tidak sama dengan acara reguler seperti biasanya. 
c. Menghubungi operator
Memiliki hubungan baik dengan rekan kerja adalah salah satu keharusan yang dimiliki seorang penyiar. Tak terkecuali dengan operator. Hal ini untuk menanyakan dan mempersiapkan alat-alat yangdigunakan selama siaran. Seperti mixer, mikrofon, hingga komputer yang digunakan. Semua harus dipersiapkan secara matang. 
d. Bertindak cepat dan bijaksana
Dalam bekerja pasti ada saatnya mengalami sebuah masalah atau kesulitan. Sehingga seorang penyiar diharapkan mampu menangani problematika saat proses siaran berlangsung dengan cepat, tetapi tidak meninggalkan serta jauh dari peraturan perusahaan. 
E. Metode Penelitian 
1. Jenis Penelitian
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa ucapan, tulisan, dan perilaku orang-orang yang diamati. Penelitian ini bersifat induktif, sehingga peneliti membiarkan permasalahan-permasalahan muncul dari data atau dibiarkan terbuka untuk interpretasi.
Penelitian deskriptif kualitatif merupakan gambaran dari peristiwa yang sedang terjadi. Pendekatan deskriptif bertujuan menjelaskan masalah penelitian, peristiwa, sesuai dengan kenyataan yang ada. Dengan membuat deskriptif secara sistematis, faktual, akurat tentang fakta atau objek tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan realitas yang sedang terjadi tanpa menjelaskan hubungan antar variabel.
2. Tempat dan Waktu Penelitian 
a. Tempat Penelitian
Penelitian dilakukan di kantor penyiaran radio STAIDRA FM. Tepatnya di Jl. KH. Musthofa Kranji-Paciran-Lamongan. 
b. Waktu Penelitian
Penelitian akan dilaksanakan selama 4 minggu, dimulai pada bulan Januari sampai dengan Februarir 2017. 
c. Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah orang yang terlibat dalam jalannya siaran di radio STAIDRA FM. Mulai dari Stasiun Manager, Produser, dan seluruh Penyiar radio STAIDRA FM. Tekhnik pemilihan sampel penelitian adalah purposive sampling. Yaitu menentukan sampel namun memiliki tujuan tersendiri.
3. Tekhnik Pengumpulan Data
a. Observasi
Observasi dilakukan sejak bulan Januari2017. Observasi dilakukan di kantor STAIDRA FM. Dan melihat serta mengamati semua kegiatan baik kegiatan siaran dan kegiatan kantor yang dilakukan disana. Karena berbeda dengan radio lain, STAIDRA FM adalah radio berita bisnis tentu cara melatih penyiar juga dilakukan dengan cara yang berbeda.
      Penulis melakukan metode pengamatan observasi partisipatif atau terlibat. Sehingga peneliti melibatkan diri dalam kehidupan dan kegiatan yang dilakukan sebagai penyiar radio dan produser saat jam kerja di radio STAIDRA FM. Observasi partisipatif yang dilakukan penulis tergolong dalam jenis Partisipasi Lengkap. Partisipasi ini dalam mengumpulkan datanya, peneliti terlbat sepenuhnya dengan apa yang dilakukan oleh subjek penelitian. Sehingga suasana yang terbangun adalah suasana alami karena peneliti melakukan sesuatu secara penuh. 
b. Wawancara
Pengumpulan data penulis menggunakan wawancara mendalam. Terdapat tiga tipe wawancara mendalam: terstruktur, terfokus, atau semi struktur dan tak tersruktur. Tahapan wawancara yang dilakukan dengan bertanya, menginterpretasi, menyimpulkan, memeriksa, dan verifikasi. Untuk mendapatkan data, penulis menemui langsung subjek penelitian. Peneliti menggunakan jenis pertanyaan terbuka. Jenis ini memungkinkan responden menjabarkan pertanyaan dengan jawaban yang lebih luas. Wawancara dilakukan dengan bertatap muka langsung dengan para penyiar, produser, dan stasiun manajer STAIDRA FM. Dengan menggunakan alat bantu rekam untuk memback up data wawancara. 
4. Tekhnik Analisis Data
      Proses analisis data dimulai dengan memahami seluruh data yang telah didapat. Proses analisis yang pertama dengan mempelajari seluruh data yang dikumpulkan dari sumber-sumber yang berbeda, yang berupa hasil wawancara dan catatan dilapangan. Kemudian membuat  rangkuman dari hasil penelitian dan proses terakhir adalah menggabungkan beberapa hasil wawancara yang telah ada. 
Adapun sistematis yang dilakukan dalam analisis data adalah:
a. Mengumpulkan hasil data yang didapat dari interview serta observasi ke narasumber
b. Menyusun seluruh data yang didapat secara urut dan sesuai dari hasil wawancara
c. Melakukan interpretasi dari data yang yang telah disusun
d. Menjawab rumusan masalah yang ada

0 komentar:

Posting Komentar